Semarang-Siswa MAN 2 Kota Semarang yang berjumlah 1300 mesti di layani dengan baik dan semaksimal mungkin oleh madrasah sebagai bentuk pelayanan prima karena orang tua sudah mempercayakan penuh, selain itu anak-anak ketika masuk madrasah juga sudah melewati persaingan yang ketat. Dengan pelayanan yang baik dan prima maka kepuasan akan tercapai dengan baik juga. Pada tahun 2023 pendaftar siswa baru mencapai 819 dan yang d terima 432 siswa. Untuk memberikan pelayanan dan informasi ke seluruh stage holder agar tersampaikan dari hulu ke hilir maka di bentuk Pusat Informasi dan Layanan Siswa (PILS) yang anggotanya adalah seluruh pengurus kelas X, XI, XII ((2/8/2023)
Wakil kepala bidang hubungan masyarakat Ahmad Riyatno yang mendapatkan mandat dari madrasah untuk mengelola PILS menjelaskan “ Kedepan setelah gedung baru bantuan dari SBSN jadi akan di permanenkan tempat pelayanannya. PILS akan menjadi rintisan Pusat Informasi Layanan Madrasah (PILAM) sebagai mana arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Tengah, bahwa setiap madrasah wajib mempunyai pusat informasi layanan madrasah sebagai bentuk zona integritas madrasah “ Tujuan awal di bentuknya PILS adalah jika ada masalah, hal penting di madrasah yang berkaitan dengan sarana, prasarana, kesiswaan, kegiatan belajar mengajar, serta hubungan masyarakat yang terjadi di seluruh holder bisa di komunukasikan dengan tim PILS agar dapat di selesaikan dengan cepat. Selain PILS, madrasah juga sudah membuat jaringan informasi dari WEB MAN 2 Kota Semarang dan WEB di Kementerian Agama Kota Semarang dan Jateng. Mengenai informasi madrasah, masyarakat bisa klik di WEB MAN 2 Kota Semarang dan juga bisa menanyakan apapun di WEB tersebut dengan klik aduan dan juga bisa klik di WEB Kemenag Kota Semarang dan Jateng jika ingin mengetahui seluk beluk madrasah tegas Ahmad
Wakil kepala bidang sarana dan prasarana H. Sukat Abdul Muiz merespon dengan cepat informasi dari kelas XI MIPA 4 yang kaca jendelanya pecah di sebabkan bola basket dan alhamdulilah bisa tertangani dengan cepat karena informasi yang cepat dari anak-anak lewat PILS.
Kepala MAN 2 Kota Semarang H. Junaedi mengapresiasi tim PILS madrasah semoga dengan informasi yang cepat dan tepat akan bisa di tangani dengan cepat pula oleh madrasah jika muncul masalah. Semoga PILS bisa bermanfaat dan maslahat (Ahmad Riyatno-bd)
Perwakilan siswa kelas X, XI, XII Menerima Penjelasan Tentang Pusat Informasi dan Layanan Siswa (PILS) MAN 2 Kota Semarang di Masjid al-Mutaalimin