Kegiatan Ramadhan 1443 H MTs Negeri 1 Kota Semarang

Bulan Ramadhan telah hadir kembali di tengah-tengah kaum muslimin, tak ubahnya warga MTs Negeri 1 Kota Semarang yang ingin mengharap berkah di bulan yang mulia ini. Dalam mengawali pembelajaran di bulan Ramadhan kali ini, MTs Negeri 1 Kota Semarang mengadakan serangkaian kegiatan Ramadhan diantaranya tadarus Al-Qur’an, pesantren Ramadhan, dan zakat. Kegiatan dimulai tanggal 05 April 2022 diawali dengan tadarus Al-Qur’an bersama antara guru, pegawai, dan peserta didik kelas VII dan VIII, karena kelas IX sudah selesai menempuh UM.

Kepala Madrasah, H. Kasturi, dalam kesempatan kali ini mengatakan bahwa dengan adanya tadarus bersama di MTs Negeri 1 Kota Semarang di bulan Ramadhan ini, selain untuk meningkatkan ibadah membaca al-Qur’an juga untuk melatih anak-anak agar bacaan al-Qur’annya semakin lancar. Lebih dari itu dengan rajin membaca Al-Qur’an sinar cahaya hati seseorang akan semakin terang sehingga akan mempengaruhi perilakunya dalam kehidupan nyata. Apalagi jika membaca al-Qur’an dengan mengetahui maknanya, tentu akan lebih mengamalkannya. Semoga kita semua selalu mendapat cahaya Al-Qur’an.

Di tempat lain, Hj. Muta’alimah selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan Ramadhan 1443 H ini ada tiga kegiatan yang dilalui oleh warga MTs Negeri 1 Kota Semarang kecuali kelas IX, yaitu kegiatan tadarus, kegiatan pesantren Ramadhan, dan kegiatan zakat. Ketiga kegiatan ini sangat bermakna dalam menjunjung tinggi kemuliaan di bulan suci Ramadhan. Tadarus Al-Qur’an merupakan bentuk mencintai kitab suci sebagai pedoman hidup umat Islam. Pesantren Ramadhan sebagai pembelajaran dan pelatihan bagi peserta didik untuk memaknai bulan Ramadhan yang penuh rahmah, bulan puasa, dan bulan ibadah. Sedangkan kegiatan zakat bermaksud melatih mereka untuk dapat melaksanakan tata cara berzakat dari bacaan niat sampai pendistribusian zakat, selain memahamkan peserta didik bahwa dengan berzakat fitrah untuk menyucikan harta karena sebagian harta ada hak orang lain.