Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kementerian Agama Kota Semarang || Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank || Dalam rangka mensukseskan Zona Integritasi menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Tahun 2022 Kemenag Kota Semarang "Laporkan jika ada terjadi ketidaknyaman dalam pelayanan kami seperti (PTSP, Pelayanan KUA, ,PUNGLI, GRATIFIKASI) atau segala yang berbau Korupsi ke Kolom Dumas (Aduan Masyarakat). https://bit.ly/layananpengaduankemenagkotasmg ||

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Semarang


Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Semarang

2021-09-24 13:22:06

Berikut ini Alamat Situs Website Resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Semarang :

https://mtsn1smg.sch.id/


Di Tengah PPKM Darurat, MTs Negeri 1 Kota Semarang Boyong 16 Medali Olimpiade Nasional

2021-07-27 14:45:48

Semarang – Di tengah masa pemberlakuan PPKM Darurat, MTs Negeri 1 Kota Semarang berhasil memboyong 16 medali dari lomba POSI Advance Science Olympiad (13 medali) dan Olympiad Math Ecosience General Applied Educamp (3 medali). Kompetisi POSI ASO (Advance Science Olympiad) diselenggarakan pada Sabtu, 17 Juli 2021, sedangkan Educamp OMEGA (Olympiad Math Ecosience General Applied) digelar Minggu, 18 Juli 2021. Kedua kompetisi ini digelar secara virtual. 

H. Asroni, Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya terhadap putra-putri MTs Negeri 1 Kota Semarang yang telah memboyong 16 medali. “Alhamdulillah, selamat untuk putra-putri MTs Negeri 1 Kota Semarang yang telah memboyong 13 medali POSI ASO Advance Science Olympiad dan 3 medali Olympiad Math Ecosience General Applied Educamp,” ungkapnya. Di tengah situasi pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya, ia berharap agar anak-anak tetap semangat belajar dan aktif mengikuti lomba yang diselenggarakan secara virtual. Tak lupa, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru pembimbing lomba yang selalu meluangkan waktu demi membimbing anak-anak.

Dalam POSI ASO (Advance Science Olympiad), MTs Negeri 1 Kota Semarang memperoleh 13 medali yang terdiri dari 1 medali emas, 6 medali perak, dan 6 medali perunggu. Siswa-siswa berprestasi tersebut, yaitu Farida Sukma Nur Himawati (Gold Medal IPA), Diannisa Kinaura (Silver Medal IPA), Radhitya Fatih Firmansyah (Silver Medal IPA), Yasmin Nuha (Silver Medal IPS), Aanisah Bulan Utami (Silver Medal Bahasa Inggris), Ayudya  Putri Prasetyo (Silver Medal Bahasa Inggris), Naura Alysia Arivianto (Silver Medal Bahasa Inggris), Zulfa Zakiya Najah (Bronze Medal IPA), Naufa Aprilia Putri (Bronze Medal IPS), Muhammad Rafi Septiananda (Bronze Medal IPS), Latifa Ulya Fatina (Bronxe Medal IPS), Farikha Najwa Faza (Bronze Medal Matematika), dan Naila Bilqis Lathifa (Bronze Medal Bahasa Inggris).  Sementara itu, dalam kompetisi Olympiad Math Ecosience General Applied (OMEGA) Educamp, MTs Negeri 1 Kota Semarang memperoleh 3 medali, yaitu 1 medali emas mapel IPS, dan 2 medali perunggu mapel Matematika. Ketiga siswa tersebut ialah Naufa Aprilia Putri (Emas IPS), Farikha Najwa Faza (Perunggu), dan Muhammad Azzam Al Farizi (Perunggu).

Menurut salah satu siswa pemeroleh dua medali dalam kedua lomba tersebut, Naufa Aprilia Putri, mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat mempersembahkan Gold Medal untuk MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Saya bersyukur dapat mempersembahkan Gold Medal untuk MTs Negeri 1 Kota Semarang di perlombaan OMEGA, karena OMEGA adalah perlombaan yang menggunakan dua bahasa, dengan presentase pemenang terbatas,”ungkapnya. Selain memperoleh medali emas dalam OMEGA, Naufa juga memperoleh Bronze medal IPS dalam POSI ASO 2021.

Senada dengan yang disampaikan oleh Naufa, Farida Sukma Nur Himawati, pemeroleh medali emas POSI ASO, menuturkan bahwa dirinya bersyukur karena telah berhasil mendapatkan medali emas pada POSI Advance Science Olympiad. “Alhamdulillah, saya menang Olimpiade POSI ASO,” tuturnya dengan penuh rasa syukur. Siswa kelas 8A ini juga mengucapkan terima kasih kepada guru-guru pembimbing lomba. Meskipun telah berhasil mendapat medali emas, ia berjanji akan tetap terus belajar. “Saya akan terus belajar, supaya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” ungkapnya dengan tegas.

                Dihubungi secara terpisah, Tanti Lestari, guru pembimbing olimpiade IPS, mengungkapkan bahwa dirinya mengaku tidak memiliki kiat khusus dalam membimbing anak-anak, tetapi lebih sering memberikan motivasi agar mereka lebih tekun dan giat belajar. “Tidak ada kiat khusus yang saya terapkan, hanya sering memberi motivasi saja agar mereka lebih tekun dan giat belajar,”ungkapnya. Lebih jauh, ia berpesan agar anak-anak dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing agar mereka mampu mempertahankan apa yang sudah diperoleh saat ini sehingga ilmunya dapat bermanfaat untuk diri dan lingkungannya. (HumasEmtessa)


MATSAMA MTS Negeri 1 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 di Masa PPKM

2021-07-13 08:36:30

Semarang-- Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)  MTs Negeri 1 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan secara virtual melalui kanal youtube EMTESA THE BEST. Acara ini digelar selama tiga hari, yaitu  pada tanggal 12, 13, 14 Juli 3021. Rangkaian acara MATSAMA ini dimulai dari pengarahan pendamping kelas yang berjumlah 11 kelas (kelas 7A s.d. 7K), pembukaan MATSAMA, presentasi para pemateri, dan penutupan.

 

Suwahir, selaku ketua panitia dalam sambutannya mengatakan bahwa MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/ 2022 ini diikuti oleh 357 peserta didik yang terdiri dari 149 putra dan 208 putri. MATSAMA diadakan bertujuan untuk pengenalan bagi calon peserta didik baru terhadap kondisi di madrasah serta pengenalan model pembelajaran yang dulunya di SD dan MI ke madrasah (MTs), dan secara PJJ. Lebih lanjut Suwahir berpesan kepada para peserta didik peserta MATSAMA agar mengikuti acara ini dengan serius.

 

Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang, Asroni, inti dalam sambutannya menjelaskan bahwa MATSAMA TP 2021/2022 yang pelaksanaannya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini dilaksanakan secara daring sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama No. 18 Tahun 2021. Selain itu, untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19 melalui 3T yaitu Testing (Bersedia melakukan pengecekan Kesehatan melalui rapid/ swab/PCR),  Tracing (Membuka diri terhadap proses penelusuran kontak terhadap kasus covid, dan Treatment (Segera menjalani perawatan dengan benar apabila merasakan gejala covid baik secara isolasi mandiri, isolasi di rumah sakit atau perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu, orang tua/ wali murid diharapkan selalu memantau kegiatan MATSAMA ini. Lebih jauh, beliau menuturkan bahwa sekolah di MTs, pelajaran agama lebih lengkap dan pelajaran umumnya sama dengan di SMP.

 

Materi yang disuguhkan dalam MATSAMA kali ini antara lain Tata Tertib, Struktur, Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Wawasan Wiyata Mandala dan Sosio-Demografi; Metode/ Model Pembelajaran yang Efektif; Kegiatan dan Organisasi Kesiswaan; Profil dan Prestasi Siswa serta Testimoni Alumni; Kesetaraan dan Anti Diskriminasi; Budaya Madrasah dan Moderasi Beragama; Program Riset; Program Tahfidz, dan Tata Krama Siswa dan Konseling. Di sela-sela beberapa presentasi ini diselingi dengan Ice Breaking.

 

Semoga MATSAMA Tahun Pelajaran  2021/2022 ini berjalan lancar, dengan penuh harapan bagi para peserta didik baru kelas 7 dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir dengan sungguh-sungguh, yang dibuktikan dengan mengumpulkan buku rangkuman dan penugasan yang telah diberikan. Selamat mengikuti MATSAMA. Melalui MATSAMA akan lebih mengenal  sekolah baru yaitu MTs Negeri 1 Kota Semarang sebagai sarana menuju Madrasah Hebat Bermartabat. Jangan lupa bahagia agar imun tetap terjaga. (Humas Emtessa)


Tim Riset MTs Negeri 1 Kota Semarang Raih Gold Medal dalam Kompetisi Internasional IEI2C 2021

2021-06-28 10:08:46

Semarang— Tim Riset MTs Negeri 1 Kota Semarang kembali menyabet medali dalam kompetisi internasional. Kali ini, mereka berhasil meraih Gold Medal dalam ajang Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C) 2021 pada  Kamis (24/6). Kompetisi yang diselenggarakan oleh Indonesian Federation Publisher of Research Innovation (IFPRI) digelar secara virtual pada 19-20 Juni 2021. Dalam kompetisi IEI2C, Tim Riset MTs Negeri 1 Kota Semarang beranggotakan 4 orang siswa, yaitu Kasih Rhafa Caroline, Diannisa Kinaura, Naura Alyssa, dan Muhammad Izzul Amal. “Riset kami berj ... [Read More]