Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kementerian Agama Kota Semarang || Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ||

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Semarang


UPES MTs Negeri 1 Kota Semarang Memulai Bekerja Dengan Doa Bersama

2022-05-13 13:11:35

UPES (Unit Pembelajaran Ekonomi Siswa) MTs negeri 1 Kota Semarang pada kepengurusan tahun 2022 – 2024 mulai operasi pada hari Kamis (12/05/2022) dengan menggelar doa bersama di ruang dan halaman UPES.  Doa bersama dipimpin oleh Saptono, guru al-Qur’an Hadits dan dilanjutkan doa khatmil qur’an yang dipimpin oleh  Marzuki, guru Akidah Akhlak. Acara ini diikuti oleh guru dan pegawai MTs Negeri 1 Kota Semarang. Doa dipanjatkan kepada Allah SWT agar pelaksanaan dan pengelolaan UPES semakin baik, penuh amanah, berkah, makmur, dan dapat menyejahterakan seluruh anggota.

Ketua UPES, Agus Prapto Sukoco dalam paparannya menyampai “Kami akan bekerja dengan jujur dan sebaik-baiknya. Kami siap diaudit setiap bulan. Justru kami lebih senang karena akan memudahkan pengecekan/ pemeriksaan hal-hal yang berhubungan dengan UPES. Jika kami salah mohon ditegur dan diberi solusinya. Kami siap menerima saran demi kebaikan bersama,” kata Agus Prapto Sukoco penuh makna. “Kami selalu membutuhkan dukungan dari bapak ibu guru dan pegawai minimal dukungan doa.” Imbuhnya. Agus yang mengaku baru pertama kali terjun mengurusi sesuatu yang berhubungan UPES ini mengharapkan bimbingan para senior dan agar ruang transaksi jual beli (pertokoan) UPES diganti dengan dengan ruangan yang lebih luas dari sebelumnya.

Lilik Widayati, yang dipilih sebagai bendahara UPES mengatakan “Semoga kami dapat bekerja dengan maksimal dan UPES semakin memberi kemanfaatan bagi anak didik, guru, dan pegawai MTs Negeri 1 Kota Semarang. Kerjasama dengan bapak ibu guru dan pegawai sangat diharapkan.” Tutur Lilik penuh harap.

                                                         

“Saya menyampaikan selamat bekerja bagi pengurus UPES, semoga selalu Amanah,” demikian disampaikan Kepala Madrasah, H. Kasturi, mengawali sambutannya. Lebih lanjut beliau menyarankan “Jika memerlukan tenaga ekstra untuk melayani pembeli yang banyak, cari saja.” Dan berpesan kepada bapak ibu guru yang sedang memiliki jam mengajar agar jangan “kongko-kongko” di UPES. Termasuk yang tidak sedang mengajar alangkah baiknya kembali ke tempat duduk masing-masing. Semua ini demi ketertiban bersama,” pungkas beliau.

Acara berjalan lancar, doa diamini oleh semua hadirin, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kepala Madrasah kemudian diserahkan kepada ketua UPES, sebagai tanda operasional kerja UPES dimulai.  Acara berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tepat pada pukul 12.00 acara selesai. Alhamdulillah. (Humas Emtessa)


Kepala Madrasah Himbau Bekerja Kompak Lewat Ceramah Halal Bihalal

2022-05-13 13:06:57

Halal bihalal MTsN 1 Kota Semarang berlangsung selama dua tahap. Yang pertama pada hari Senin (09/05/2022) antar guru dan pegawai, yang kedua pada hari Kamis (12/05/2022) antar guru, pegawai, peserta didik). Pada hari ini dilaksanakan di aula dan pada hari Kamis dilaksanakan di halaman madrasah. Pelaksanaan halal bihalal selalu menerapkan protokol kesehatan, penuh kekeluargaan dan keceriaan tanpa mengurangi rasa khidmat acara.

Bertempat di aula menghadirkan penceramah intern madrasah, Saptono, guru PAI al-Qur’an-Hadits. Sebelum menyampaikan mauidhah hasasanah beliau mengajak audien bershalawat “Thibbil Qulub” dengan harapan warga madrasah senantiasa diberi Kesehatan dan umur panjang yang barakah.

                                              

“Syawal merupakan bulan yang diharapkan meningkat ketakwaan kepada Allah SWT. Marilah para guru dan pegawai bekerja, mengajar, mendapat ma’isyah (gaji) sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Dan jadilah orng yang bermanfaat bagi orang lain.” Demikian tausiah awalnya.

Lebih jauh lagi beliau menjelaskan isi al-Qur’an surat Ali Imran ayat 104 yang intinya ayat ini mengajak kebaikan. “Jika ada orang yang mengajak ke kebaikan, jangan dilihat hasilnya dulu. Yang penting introspeksi diri yang didahulukan. Marilah kita semua menciptakan kerjasama yang terbuka sehingga slaing melengkapi satu sama lainnya.” Imbuhnya.

H. Kasturi selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan “Kerjasama terbuka dan sesuai dengan tupoksi tanpa menghilangkan rasa kekompakan. Kerjasama yang demikikan sangat diperlukan demi kelangsungan kemajuan madrasah. Ibarat sebuah sepeda jangan menyepelekan peran pentil yang kecil. Tanpa pentil sepeda tidak akan bisa berjalan. Marikita bekerja bersama-sama. Tidak mungkin saya bekerja sendiri . Kerjasama yang kompak sangat penting dan tidak perlu overlapping serta selalu menjaga komunikasi. Kesejahteraan tidakharus materi (uang) saja, tetapi lingkungan kerja yang penuh senyum adalah kesejahteraan yang luar biasa.” Tandas beliau.

Di tempat yang berbeda halal bihalal antara guru,pegawai, dan peserta didik  di MTs Negeri 1 Kota Semarang diadakan dalam bentuk apel pagi pukul 07.00 WIB. Kegiatan dilaksanakan dengan hikmat dan berlangsung tertib dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu seluruh peserta memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan halal bihalal di MTs Negeri 1 Kota Semarang bertujuan agar guru, pegawai, dan peserta didik saling mengakrabkan dan memaafkan.

“Setelah satu bulan lamanya kita berpuasa, kita dididik dalam bulan puasa untuk saling menghormati dan peduli. Siswa dan guru harus saling menghargai dan memaafkan atas kekhilafan dan perbuatan yang disengaja atau yang tidak disengajaan,” kata H. Kasturi dalam sambutannya apel pagi tersebut. Dengan adanya halal bihalal di madrasah membuat siswa dan guru untuk lebih saling dekat, akrab, dan peduli. Sehingga pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi lebih mudah diterima, dan dipahami oleh siswa. “Halal bihalal ini juga dilakukan sebagai rasa syukur kita karena telah memiliki tempat yang luas dan megah setelah dibangunnya gedung boarding school, maka kekompakan selalu dijaga. Dengan dimanfaatkan sebaik mungkin, semoga dapat menjadi amal ibadah kita kepada Allah SWT,” sambung H. Kasturi dalam sambutannya.

Setelah sebulan lamanya kita berpuasa kita kembali suci, karena kita sudah saling memaafkan dan menghilangkan rasa iri dan dengki. “Saya senang karena sudah meminta maaf kepada Bapak dan Ibu guru karena selama ini kami banyak melakukan kesalahan dan kekeliruan dalam kegiatan pembelajaran di madrasah. Dengan adanya halal bihalal saya bisa mudah mengenal bapak dan ibu guru juga teman-teman dari kelas yang lain,” kata Raihan kelas 7A. Dengan adanya kegiatan halal bihalal membuat suasana di madrasah menjadi lebih akrab dan harmonis. Sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja maupun beraktivitas di MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Semoga saja setelah Idul Fitri tahun 1443 H ini pandemi segera berlalu dan aktivitas dapat kembali seperti biasanya. Siswa, guru, dan karyawan lebih akrab dan harmonis, menjadikan madrasah yang aman, nyaman, dan senang berada di lingkungan madrasah,” kata Suyikto, guru Bahasa Indonesia setelah kegiatan berlangsung.

Acara berjalan lancar, tidak lupa bermaaf-maafan dengan mushafahah bersama-sama. Taqabballahu minna wa minkum taqabbal ya Karim. Shalawat dikumandangkan bersama-sama menambah syahdunya suasana dan tenteramnya hati yang mendengarnya. Semua menuju madrasah maju, mandiri, dan berprestasi. (Humas Emtessa)


Di Balik Boarding School Yang Megah, Peringatan Nuzulul Qur’an Di MTs Negeri 1 Kota Semarang Terasa Indah

2022-04-25 12:51:39